Awas! 7 Dampak Mematikan Komputer Tanpa Melalui Shutdown

Awas! 7 Dampak Mematikan Komputer Tanpa Melalui Shutdown

Komputer merupakan salah satu alat elektronik yang dapat memudahkan pekerjaan Anda dizaman modern ini. Seperti barang lain yang Anda miliki, Komputer ini harus dirawat dengan baik agar fungsinya berjalan dengan sempurna karena sama seperti elektronik lainnya, komputer rentan dengan kerusakan.

Pernah kah Anda mematikan komputer hanya dengan menekan tombol power tanpa melalui Shut Down?

Hati-hati! Jika Anda melakukan hal tersebut secara terus menerus dampaknya akan berbahaya, Komputer Anda akan mengalami kerusakan yang cukup serius.

Dampak Jika Mematikan Komputer Tanpa Melalui Shutdown


1. Registy Berantakan

Registy berfungsi untuk mengatur bagaimana Software dan Hardware dalam komputer berjalan sebagaimana mestinya. Jika Anda mematikan komputer secara langsung tanpa melalui Shut Down maka hal tersebut akan mengakibatkan registy pada sistem operasi akan berantakan.

2. Hard disk Jadi Bad Sector

Pada dasarnya, ketika komputer dalam kondisi menyala dan menggunakan hard disk, piringan yang berada di dalamnya akan berputar. Jika Anda mematikan komputer dengan paksa atau tanpa melalui Shut Down maka piringan tersebut akan berhenti secara tiba-tiba, hal ini dapat mengakibatkan Hard disk komputer Anda menjadi Bad Sector.

3. Mengurangi Umur Komponen

Saat komputer dimatikan, processor akan memberi arahan ke BIOS untuk menghentikan segala kerja komponen yang ada. Jika Anda mematikan komputer secara tidak benar, maka komponen dalam komputer akan cepat rusak.

4. RAM Mengalami Masalah

Saat ini harga komputer diukur dari kapasitas RAM yang ditanamkan. RAM merupakan salah satu komponen terpenting untuk menghasilkan kinerja yang optimal pada sebuah komputer.

Ketika Anda mematikan komputer dengan tombol power tanpa melalui Shutdown, RAM akan menutup semua aplikasi yang berjalan pada komputer secara tidak teratur dan bisa mengakibatkan kerusakan fatal pada RAM tersebut.

5. Prosessor Akan Mengalami Kerusakan

Seperti yang kita ketahui, prosessor merupakan inti atau otak yang mengendalikan hardware pada sebuah komputer. Maka dari itu, jika otak komputer dimatikan secara tiba-tiba tanpa melalui proses Shutdown akan mengakibatkan komputer akan mengalami kerusakan yang cukup fatal pada bagian prosessor.

6. Kerusakan Power supply

Power supply adalah komponen yang berfungsi untuk memberikan aliran listrik ke komputer. Ketika Anda mematikan komputer dengan tombol power tanpa melalui Shutdown, Power supply secara tiba-tiba akan berhenti memberikan daya ke seluruh komponen  komputer. Ini berbahaya, karena dapat mengakibatkan komponen-komponen lain berhenti berfungsi.

7. Komputer Mati Total (Matot)

Dampak yang terakhir ini sangat menyebalkan teman-teman. Jika Anda mematikan komputer secara langsung tanpa melalui Shutdown komputer bisa mengalami mati total. Kok bisa matot? Karena, Hardware yang terdapat pada komputer akan lebih mudah rusak seperti pada ulasan diatas, jadi komputer anda bisa mati total.

Nah teman-teman, Demikian 6 dampak yang terjadi jika komputer dimatikan secara langsung tanpa melalui Shutdown. Jika Anda sayang dengan komputer Anda dan tidak ingin mengeluarkan bajet lebih untuk mengatasi masalah-masalah diatas, maka saya sarankan untuk merawat komputer secara baik dan mengoperasikan nya secara cerdas. News

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel